FokusMUI Update

Tingkatkan Kualitas Muraqabatullah di Akhir Tahun 1443 Hijriah 

Tahun Baru 1 Muharram 1444 Hijriah

Oleh:
Ust Muhammad Asriady SHd MThI,
Komite Dai Khusus (KDK) MUI Sulsel

Makasssr, muisulsel.com – Spirit mengenai kualitas umat Islam bersumber dari Alquran dan hadis Nabi Saw. Bermula dari QS. Al-‘Alaq

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ

Bacalah dengan menyebut nama tuhanmu yang menciptakan.

Dengan mambaca akan melahirkan umat yang berkualitas dan menggapai kemerdekaan yang hakiki, kemerdekaan dari kebodohan, ketidaktahuan, kemiskinan, keterbelakangan dan kemerdekaan jiwa demi mencapai kesejahteraan hidup di dunia dan kebahagiaan di kehidupan akhirat kelak.

Umat Islam harus bangkit dengan semangat yang telah diajarkan Alquran. Alquran mendorong manusia untuk belajar berbagai ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu umum. Artinya Alquran memunyai perhatian yang sangat besar terhadap pendidikan.

Olehnya itu, umat Islam harus mampu meneransformasikan spirit Alquran sesuai dengan perkembangan zaman.

Waktu terus berlalu, untuk itu pada momentum berkembangnya zaman, umat Islam perlu meningkatkan kualitas Muraqabatullah. Muraqabatullah adalah merasa diawasi atau dipantau oleh Allah.

Sebagaimana firman Allah dalam surah al-Baqarah: 235, yaitu:

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ فَاحْذَرُوْهُ ۚوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ حَلِيْمٌ

Terjemahnya: Ketahuilah bahwa Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu, maka takutlah kepada-Nya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun, Maha Penyantun.

Jika umat Islam sudah merasa diawasi oleh Allah maka segala tingkah lakunya akan terkontrol pada jalur-jalur kebaikan, melahirkan kualitas pribadi yang memiliki keimanan yang kuat, pemahaman Islam yang kokoh, dan melahirkan pribadi ihsan yang sejati.

Syekh Ibnu Athaillah al-Sakandari mengingatkan bahwa: “Jika engkau ingin berhasil di akhir, maka kembalikanlah pada Allah di awal”.

Mari upgrade kualitas muraqabatullah di dalam diri Kita untuk menjadi pribadi unggul di tahun 1444 H.

Kali ini tahun baru 1 Muharram 1444 Hijriah jatuh pada 30 Juli 2022.

Semangat sukses berkah.(Irfan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.