Opini

Tahun Peningkatan Kualitas Keislaman dan Keimanan

■ Oleh : Prof Dr KH Nasruddin Umar MAImam Besar Masjid Istiqlal Jakarta

OPINI, muisulsel.com — Memasuki kalender 2022 tentunya kita semua berharap ada peningkatan kualitas keislaman dan keimanan kita.

Sangat disayangkan jika tahun baru ini sebagain dari kita mengisinya dengan ekspresi kesenangan dunia semata sehingga lupa membenahi keislaman dan keimanannya.

Sebagai orang yang mengaku beriman tentunya tahun baru ini lebih banyak kita muhasabah diri sejauh mana kualitas ibadah yang telah dilakukan.

Saat ini Umat Islam terbagi atas 4 tingkatan Iman diantaranya:

1. Ahlul fasad, yaitu mereka yang mengaku muslim, tapi keimanannya sangat rendah, bahkan bukan hanya untuk dirinya tapi mereka juga menghalangi orang lain untuk beribadah.

Mereka yang menghalangi orang lain untuk beribadah, seperti mempengaruhi orang lain untuk tidak melaksanakan shalat berjamaah.

2. Ahluttaqwa, yaitu umat Islam yang sudah memiliki ketakwaan dalam dirinya, tapi belum diamalkan dalam kehidupan seharinya.

Golongan ini terkadang shalat dan puasa, tapi tidak istiqomah sehingga masih bolong-bolong sholat dan puasanya.

3. Ahlul ibadah, yaitu mereka yang sudah memperbaiki dan melaksanakan ibadah wajibnya dan tidak lagi meninggalkan kewajibannya dan menjauhi larangan Allah.

Hanya saja golongan ini belum mampu melaksanakan ibadah-ibadah sunnahnya. Bahkan orang seperti ini masih berat dalam beribadah karena niatnya hanya sekedar menggugurkan kewajibannya saja.

4. Ahlullah, adalah golongan yang bukan hanya melaksanakan yang wajib saja, tetapi juga menyempurnakan wajibnya dengan ibadah-ibadah sunnah.

Mereka beribadah bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban, tapi sudah menjadi kebutuhan rohaniahnya.

Orang dalam tingkatan ini juga tidak mengalami lelah dalam beribadah, justru sudah menjadi hobi dan ibadah baginya adalah hal yang sangat menyenangkan.

Dari semua golongan yang disebutkan ini kita berharap di tahun 2022 ini ada peningkatan keimanan dan keislaman ke jenjang yang lebih tinggi lagi.■ irfan

*) Ulasan dari Khotbah Jumat di Masjid Raya Makassar pada Jumat (31/12/2021)

Usai khutbah Jumat di Masjid Raya Makassa, Prof DR KH Nasruddin Umar bersilaturahim dengan para pengurus Masjid Raya Makassar. Nasruddin banyak mengenang almarhum AGH KH Sanusi Baco. Ketua MUI Sulsel Dr KH Kamaluddin Abunawas menyambut kehadiran Imam Besar Istiqlal di Kantor MUI Sulsel. Hadir juga H Irfan Sanusi, KH Sayid Malik MA, Ust KH Syahrir MA.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.