FokusKomisi Hubungan Antar Umat Beragama

Rapat di UIM, Komisi HAUB MUI Gagas Majelis Tokoh Agama

FOKUS, muisulsel.com — Komisi Hubungan Antar Umat Beragama (HAUB) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel akan menggelar silaturahmi antar tokoh agama di Sulsel.

Rencana tersebut terungkap dari Rapat Koordinasi Program Kerja Komisi HAUB MUI Sulsel di Rektorat Universitas Islam Makassar (UIM), Jl Perintis Kemerdekaan, Senin (15/11/2021).

Rapat dipimpin Ketua Bidang HAUB MUI Sulsel, Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi dan Ketua Komisi Dr H Wahyuddin Naro MHum. Hadir sejumlah pimpinan dan anggota pengurus Komisi HAUB. Juga berkesempatan hadir Wakil Ketua MUI Sulsel Dr KH Mustari Bosra MA.

“Kita akan gagas pertemuan antar tokoh umat beragama untuk bersilaturahmi dan membawa pesan kemanusian,” ujar Majdah yang juga Rektor UIM.

Ketua Muslimat NU Sulsel itu menjelaskan ada tiga pokok pikiran yang diterjemahkan pada sejumlah program kerja Komisi HAUB MUI Sulsel yang pertama hendak mengajak duduk bersama tokoh agama untuk harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kedua, menciptakan kegiatan yang mengikat tokoh agama dan masyarakat beragama dengan kesepakatan untuk menciptakan semangat kerukunan keagamaan dan keragaman.

Serta menciptakan kehidupan yang harmonis dengan melibatkan tokoh dan potensi masing-masinh agama untuk aksi/kegiatan bersama

Wahyuddin Naro menambahkan program kerja yang akan dilaksanakan Komisi HAUB dalam bingkai dan perspektif kemanusiaan tanpa melihat agamanya. “Dalam Waktu dekat kita akan mengunjungi tokoh lintas agama untuk menyampaikan pesan persaudaraan, kemanusiaan dan perdamaian,” ujarnya

Kunjungan tersebut sebagai langkah awal ubtuk mensosialisasikan dan menyamakan persepsi yang kemudian diimplementasikan dalam wujud kegiatan bersama dan membentuk kelembagaan. “Kita akan gagas sebuah lembaga semacam Majelis Tokoh Agama,” tambahnya.

Rapat yang dilaksanakan hingga buka puasa sunnah Senin dengan menu nasi Arab Briyani buatan Majdah itu, menyetujui pengamat sosial politik dari Unismuh Dr Arqam Azikin sebagai ketua panitia pelaksana program prioritas Komisi HAUB tersebut.

“Kegiatan silaturahmi ini sangat bagus untuk menyampaikan pesan persaudaraan antar umat beragama di Sulsel.Saya harap kegiatan ini cepat terselenggara dengan baik,” harap KH Mustari.■ irfan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.