Kabar

Raker IPIM Sulsel Tekankan Kualitas Bacaan dan Hafalan Imam Masjid

FOKUS, muisulsel.com — Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Sulawesi Selatan mengadakan rapat kerja ke-2 di Aula BPSDM Sulsel Jln AP Pettarani Makassar pada Sabtu (30/1/2022).

Kualitas Imam masjid harus ditingkatkan terutama kualitas bacaan, hafalan maupun wawasan keagamaan. Hal ini yang menjadi penekanan dari program yang dibahas pada raker tersebut.

IPIM Sulsel juga hadir sebagai organisasi yang berkonsentrasi pada perbaikannya kualitas Imam masjid terutama di daerah Sulsel.

Ketua Umum Pusat IPIM Sulsel Prof DR KH Nasruddin Umar MA yang hadir lewat virtual menyampaikan apresiasi kepada pengurus daan berharap ada perbaikan ke depannya terutama kualitas keilmuan imam masjid yang ada di Sulsel.

Ketua Umum IPIM Sulsel DRS KH Masykur Yusuf MAg berharap dengan program perbaikan bacaan, hafalan dan wawasan keilmuan para imam bisa meningkatkan kualitasnya terutama pelayanan kepada umat yang dipimpinnya.

“Harapan kami ke depannya agar para imam mampu menjadi pemersatu dan menjaga moral di tengah masyarakat. Imam juga diharapkan mampu menangkal faham radikal yang ada di masyarakat,” imbuhnya.

Gubernur Sulsel melalui staf Ahli Kesra dan Keagamaan H Suherman SE MM juga menyampaikan apresiasi dan harapannya agar IPIM Sulsel terus berbenah dengan melakukan kreativitas baru terutama program peningkatan SDM Imam di Sulsel.

Suherman yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua IPIM menambahkan, tak hanya perbaikan kualitas hafalan dan bacaan, imam juga harus belajar tentang manajemen masjid sehingga bisa melakukan pengelolaan keuangan maupun penataan kebersihan lingkungan dengan baik.

“Kami berharap ke depannya IPIM lebih aktif lagi terutama peran imam desa dalam mendukung program pengentasan buta aksara Alquran yang juga menjadi program Pemprov Sulsel. Tahun 2022 Pemprov Sulsel akan menyumbang dana hibah senilai 1 miliar untuk mendukung program kerja IPIM,” imbuhnya.

Sekertaris Umum MUI Sulsel DR KH Muammar Bakri Lc MA yang juga menjabat sebagai Pembina IPIM Sulsel didaulat memimpin doa. Adapun peserta yang hadir datang dari berbagai kabupaten kota yang ada di Sulsel.■ Irfan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.