FokusKanal HomeKomisi Layanan Kesehatan dan Risiko BencanaTausiyah

Penyebaran Makin Tinggi, MUI Sulsel Gelar Webinar Bekali 1000 Dai Khutbahkan AIDS

FOKUS, muisulsel.com — Komisi Layanan Kesehatan Risiko Bencana dan Komisi Dakwah MUI Sulsel akan menggelar webinar pembekalan tentang penanggulangab AIDS kepada 1.000 dai untuk mengkhutbahkan kesadaran dan upaya mengurangi penyebaran AIDS.

Webinar tersebut kerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sulawesi Selatan sebagai upaya pencegahan penyakit AIDS melalui mimbar khutbah Jumat. Rencana tersebut dibahas pada rapat pemantapan agenda webinar Senin malam tadi (29/11/2021).

Webinar dan sosialisasi AIDS akan dilaksanakan pada 1 Desember mendatang secara hibrid di gedung RRI Makassar bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia.

Menurut Ketua Komisi Layanan Kesehatan dan Resiko Bencana MUI Sulsel Ardadi SFarm MKes webinar ini bertujuan untuk mensosialisasikan materi khutbah Jumat sehingga para dai bisa memahami dan dakwahkan informasi penanggulangan AIDS melalui Khutbah Jumat selama Desember.

“Kami juga akan menghadirkan pakar kesehatan menyampaikan materi sehingga peserta lebih mudah memahaminya. Adapun target peserta sampai 1000 orang,” jelasnya.

Ardadi juga menambahkan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan dan
penularan HIV serta penanggulangan AIDS yang terjadi seluruh lapisan masyarakat.

Sementara itu anggota Komisi Dakwah dan Pengembangan Umat MUI Sulsel Drs KH Hasbuddin Halik Lc MA juga menyampaikan apresiasi dan dukunganya terhadap acara ini. Menurutnya tak hanya webinar dilaksanakan di tingkat propinsi tapi sebaiknya juga dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota.

“Kita juga berharap materi khutbah tentang HIV AIDS nanti difokuskan pada setiap masjid besar terutama di setiap kecamatan di Sulsel,” ucapnya.

Hasbuddin yang juga Ketua Umum Organisasi Al-Jami’atul Alwashliyah Sulsel ini juga menambahkn penyakit AIDS bukan merupakan kutukan tapi merupakan kesalahan manusia itu sendiri.

“Hal ini sudah diterangkan Allah dalam Qur’an ‘Kebajikan apapun yang kamu peroleh adalah dari sisi Allah dan keburukan apapun yang menimpamu itu dari kesalahan dirimu sendiri’ (QS Annisa: 79)’,” jelasnya.

Webinar yang akan dilaksanakan pada pukul
13.00 WITA – 15.00 WITA itu dapat diikuti melalui link zoom : tinyurl.com/2p8m2b7h dengan meeting ID : 823 3252 0057 password : MUIP55
Dan calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui form https://forms.gle/14rj89icbousn2EX7

Webinar yang akan dimoderatori H. Mallingkai Ilyas Lc MA dari Komisi Layanan Kesehatan dan Risiko Bencana MUI Sulsel itu akan dibuka Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Najmuddin MA. Narasumber Prof Dr dr HM Alimin Maidin MPH, Dr dr H Noer Bahri Noor MSc, Dr HM Ishak Samad MEd, Dr H Saifullah Rusmin Lc MA.

Dan testimoni dari pakar Dr dr Syatirah Jalaluddin SpA MKes, Dr dr Muhammad Khidri Alwi MKes MA, dr Wachyudi Muchsin SH MKes dan dr Muhammad Ihsan Kitta SpOT. Setiap peserta akan mendapatkan e-Sertifikat.■ Irfan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Open chat
1
Selamat datang di kontak Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, ada yang bisa kami bantu?