Kabar

MUI Sulsel Ingatkan Artis Muslim Jangan Ikut Melukat: Haram

Makassar, muisulsel.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel kembali mengingatkan bahwa Melukat dan semacamnya haram bagi seorang muslim. Ini peringatan kepada selebriti muslim, khususnya, jangan sampai melukat. haram.

Komisi Fatwa MUI Sulsel, melalui kanal MUI Menjawab, menyampaikan, mengkultuskan sesuatu tempat dan ritual yg merupakan perbuatan jahiliah yang dilarang Allah dan Rasul-Nya.

Bernazar melakukan perbuatan baik di semua tempat boleh bila di tempat yang dinazarkan itu tidak dilakukan ritual jahiliah. Bila ritual jahiliyah ditemukan pada satu tempat maka itu sama dengan melakukan penyembahan berhala di tempat itu, dan ini sangat dilarang oleh Islam.

Contoh: ada sahabat Nabi bernazar memotong onta di suatu tempat bernama Buwanat, Nabi periksa pernahkah tempat itu dikultuskan ada berhala disembah atau semacamnnya? Sahabat menjawab tidak pernah ada kultus di situ. Maka, Nabi bolehkan nazar sembelih onta tersebut. Artinya, bila ada kultus jahilah di suatu tempat maka nazar di tempat itu dilarang.

Selain itu, jika ritual ini mengarah pada ritual ibadah agama tertentu, maka sudah pasti kegiatan ini diharamkan, karena tasyabbuh (mengikuti) ritual agama lain. Jika itu dilakukan maka termasuk bagian darinya.

Artis Muslim Melukat?

Baru-baru kembali berembus kabar bahwa ada beberapa artis muslim Tanah Air yang diduga pernah melaksanakan prosesi melukat di Bali. Namun, penulis muisulsel.com, hingga detik ini, belum menemukan fakta para artis betul-betul melukat.

Tradisi melukat di Bali. [Dok.ist]
Di berbagai media massa, mengabarkan, selebriti muslim yang diduga melukat sampai membuat warganet heboh, sebab mereka diduga pindah agama. Tapi, belum juga penulis temukan fakta bahwa mereka pindah keyakinan atau tidak.

Menurut sumber, Melukat merupakan sebuah upacara yang bertujuan untuk membersihkan pikiran dan jiwa secara spiritual. Upacara sudah secara turun temurun digelar di Bali.

Melukat sendiri berasal dari kata sulukat, yaitu su yang mempunyai arti baik dan lukat mempunyai arti pensucian. Pada umumnya, melukat akan dipimpin oleh seorang pemangku dan diikuti oleh peserta. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.