Fokus

Ini Kata Prof AGH Faried Wadjedy Tentang Spirit Doll

FOKUS, muisulsel.com — Spirit Doll atau boneka anak yang lagi viral dimiliki sejumlah selebriti akhir-akhir ini dipercaya membawa keberuntungan oleh sebagian artis di Indonesia.

Hal ini diketahui dari beberapa artis Indonesia yang memamerkan spirit doll yang dikenal sebagai ‘Boneka Arwah’. Netizen kian penasaran tentang spirit doll.

Spirit doll adalah boneka yang menyerupai bayi dan diperlakukan layaknya anak dengan diberi makan, berpakaian dan dirawat setiap hari.

Beberapa artis seperti Ivan Gunawan, Celine Evangelista dan banyak lainnya mengaku memiliki spirit doll bahkan mereka memamerkannya di jagat maya.

Menanggapi persolan ini Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sulsel Prof DR AGH Faried Wadjedy MA menjelaskan jika boneka yang digunakan sebagai alat penghibur atau alat peraga dan pendidikan maka itu boleh-boleh saja.

Namun jika diyakini bahwa boneka tersebut sebagai anak, memiliki roh dan mendatangkan keberuntungan maka itu tidak dibenarkan dalam ajaran Islam karena menyaingi ciptaan Allah dan mengandung unsur kesyirikan.

“Jadi semua kembali kepada tujuan dan niat memiliki boneka tersebut, jika diniatkan untuk hiburan semata itu tidak menjadi persoalan,” jelasnya.

Wadjedy yang juga Pimpinan Pondok Pesantren DDI Mangkoso ini menambahkan dengan cerita sejarah nabi “Suatu ketika istri Nabi Aisy RA sedang bermain boneka kuda bersayap dengan temannya, ketika Nabi datang maka berhamburan semua temanya karena ketakutan. Melihat peristiwa itu Nabi menghampiri Aisya RA dan membiarkan mereka bermain boneka tersebut.”

Dari peristiwa itu menunjukan bahwa hiburan boneka itu diperbolehkan selama tidak ada unsur penyembahan atau dianggap membawa keberuntungan lainya.

Ikuti ulasan lengkapnya di channel YouTube MUI Chanel.■ Irfan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.