Tausiyah

HIKMAH HALAQAH: Kisah Sang Pelayan Nabi, Abdullah Ibnu Mas’ud

Oleh: Prof. Dr. KH. Najamuddin, Lc., MA (Ketua Umum MUI Sulsel).

Makassar, muisulsel.com – Allah swt menurunkan al Quran kepada Nabi Muhammad saw sebagai bekal petunjuk bagi umatnya dari zaman ke zaman hingga hari kiamat nanti, sehingga umat Islam dapat ikut berkembang dan mengikuti kemajuan zaman.

Dalam menyiarkan agama Islam, Nabi saw mempunyai banyak sahabat dan salah satu sahabat Nabi yang sangat dekat adalah Abdullah Ibnu Mas’ud. Ia adalah Khadimul Nabi atau pelayan nabi dan juga adalah sahabat yang pertama kali menjaharkan al Quran setelah Nabi.

Masa kecil Ibnu Mas’ud ini tidaklah istimewa. Ia tergolong orang yang kurang mampu sehingga dia bekerja menjadi seorang penggembala kambing dan membuatnya kurang bergaul di kota Makkah hingga Ibnu Mas’ud masuk Islam. Hal inilah yang membuat ia menjadi pelayan Nabi sejak ia masih kecil hingga wafatnya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.

Abdullah Ibnu Mas’ud mendapatkan beberapa keistimewaan di dalam Islam, di antaranya adalah ia menjadi sumber rujukan Qira’at atau bacaan al Quran dan ia juga menjadi salah satu sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits-hadits Nabi saw.

Sebuah peristiwa istimewa yang terjadi pada Ibnu Mas’ud saat ia masih kecil dan peristiwa inilah yang menjadi cikal bakal Ibnu Mas’ud masuk Islam, Peristiwa apakah tersebut ? Simak selengkapnya dalam tayangan ini. (NAP)

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.