Kabar

BMH-DPW Hidayatullah Sulsel Kolaborasi Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren

KABAR, muisulsel.com — Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus mendorong kemandirian pesantren melalui Program Pesantren Berdaya.

Di Sulawesi Selatan, program Pesantren Berdaya ini berkolaborasi dengan Dewan Pemguris Wilayah (DPW) Hidayatullah Sulawesi Selatan.

Salah satu binaannya adalah
Pesantren Madinatul Izzah Mubarak yang terletak di Desa Lappa-Lappae, Kecamatan Suppa, Pinrang.

Melalui program Pesantren Berdaya, Senin, (25/10/2021), Laznas BMH menyalurkan 10 ekor bibit sapi unggul untuk mendukung usaha ternak pesantren tahfidz yang memiliki lahan seluas 17 hektar ini.

Penyerahan bibit sapi ini dirangkaikan dengan pengukuhan kelompok tani ternak berbasis pesantren, serta penanaman rumput gajah bersama Balai Penyuluh Pertanian Wilayah Suppa, Ketua DPW Sulsel, Kapolsek Suppa, Babinsa dan Lurah Tellumpanua Pinrang.

Pimpinan Pesantren Madinatul Izzah Mubarak, Ustadz Ismail Muhtar mengatakan bantuan bibit sapi yang diberikan melalui program Pesantren Berdaya ini sangat diharapkan bisa menjadi cikal bakal kemandirian ekonomi pesantren. Yang tentu saja dengan kemandirian ekonomi tersebut, Pesantren bisa memberikan layanan keummatan yang lebih luas.

Saat ini, pesantren tersebut sudah menjadi tempat belajar bagi puluhan santri. Dan semuanya dengan beasiswa penuh (tidak berbayar). “Kita berharap, lewat usaha ternak yang dikelola ini, pesantren bisa memberikan beasiswa kepada lebih banyak santri lagi,” ungkap Ismail.

“Laznas BMH berkomitmen untuk semaksimal mungkin mendukung program ini. BMH bahkan siap menjadikan pesantren sebagai mitra utama dalam penyediaan hewan qurban setiap tahunnya,” tambah Ketua Perwakilan BMH Sulsel, Kadir, di sela acara.

Harapan yang sama disampaikan juga oleh Ketua DPW Hidayatullah Sulsel, Ustadz Nasri Bohari. “Kita berharap ikhtiar pemberdayaan yang kita telah canangkan hari ini dapat berjalan dengan baik, tumbuh berkembang dan dapat ditularkan kepada pesantren-pesantren yang lain di Sulawesi Selatan.■ rls/fir

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.