Sosok

AGH Prof Nadjamudin Ketua Umum MUI Sulsel 2021-2026, Figur Tenang Jarang Tersorot Media

SOSOK, muisulsel.com — Musyawarah Daerah MUI Sulawesi Selatan menetapkan AGH Prof Dr Nadjamuddin Abduh Shafa MA sebagai Ketua Umum MUI Sulawesi Selatan melalui pemilihan berlangsung secara aklamasi pada rapat terbatas yang diikuti tim formatur pada Ahad (8/8/2021) di Hotel Sheraton, Makassar, Sulawesi Selatan.

Mantan Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Makassar (UIM) itu mengaku mencermati dan mencatat masukan-masukan dari MUI Kabupaten/Kota yang mengikuti Musda yang menetapkan kepemimpinannya di MUI Sulsel tersebut.

Ulama tenang dan jarang disorot media itu memastikan berbagai masukan akan jadikan sebagai bagian pembentukan program kerja kepengurusan MUI Sulsel di masa mendatang.

“Khususnya dari MUI seluruh Kabupaten/Kota. Banyak masukan dan harapan. Insyaallah ke depan kita akan membuat program sesuai dengan harapan. Semoga Allah SWT memudahkan ini, tentunya ini semuanya untuk umat dan bangsa,” ujar dia.

Rois Syuriyah PWNU Sulsel ini menyampaikan, dalam menyusun program MUI Sulsel, dia akan disiplin dengan pedoman AD/ART MUI. “Kedepan MUI Sulsel akan menjadi mitra kerja pemerintah, khususnya Pemda Sulsel,” tegasnya.

Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya bidang Bahasa Arab Universitas Hasanudin ini mengatakan, MUI Sulsel akan membantu Pemda Sulsel menyelesaikan permasalahan ekstremisme maupun radikalisme.

Low Profile

Cobalah melakukan pencarian di Google tentang sosok dan aktivitas sosok kelahiran Bone 15 Juli 1951 ini, sangat sedikit muncul hasil pencarian pemberitaan oleh media. Kecuali tentunya pasca ditetapkannya sebagai Rois Syurya NU Sulsel dan Ketua MUI Sulsel, media mulai memberitakannya.

Demikian pula di media sosial. Bisa dipastikan belum ada akun Facebook maupun Instagram atas nama dirinya.

Hal tersebut oleh sebagian kalangan menilai karena karakternya yang low profile, tenang cenderung lebih memilih tidak tampil.

Sebelum terpilih sebagai Ketua Umum MUI Sulsel, AGH Najamuddin juga pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI Sulsel.

Saat ini Menjadi Ketua Dewan Guru Besar UIM pasca “dilengserkan” oleh Rektor UIM Dr Ir A Majdah M Zain MSi dari jabatannya sebaga Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UIM. “Berdosa kita jika gurruta masih sebagai dekan. Maqom beliau kita sesuai menjadi Ketua Dewan Guru Besar UIM,” jelas Majdah.

Secara umum para mahasiswanya menyapa dengan sapaan Prof Naja merupakan Syeikhul Ma’had Pesantren An Nahdlah Makassar.■

Berikut daftar Riwayat Hidup (RH) Ketua MUI Sulsel, AGH Prof. Najamuddin Abd. Safa:

■ Nama: Prof Najmuddin Abduh Shafa
■ Tempat tanggal lahir: Bone, 15 Juli 1951
■ Orang tua: Indare dan H. Abd. Safa.
■ Istri: Dra. Faridah Rahman, menikah pada 1/7/1987.
■ Anak: Najdah Hidayah.

Riwayat Pendidikan:
■ SD – SMA: Madrasah As-sadiyah (2/12/1964) sampai (31/12/1968).
■ S1: Fakultas Adab IAIN Makassar Bahasa & Sastra Arab (9/1/1973).
■ S1: Mahad ‘aly Dirasat al- Islamiyah
Dirasat Islamiyah (11/8/1979).
■ S2: Kulliyah al-lughah al- Arabiyah Jamiah
al-Azhar Lghawiyat / Linguistik Mesir (28/8/1986) 
■ S3: Fakulti Pengajian Islam Universiti Kebangsaan Malaysia Bahasa & Sastra Arab (1/7/2000).

■ Tahun 2009 memgikuti short cours di 3 universitas di Belanda ( Leiden Univ, Masric Univ dan Uth regh Univ) tentang SCL dan Quality Esurance. Di Mesir thn 1976 – 1987.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Open chat
1
Selamat datang di kontak Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, ada yang bisa kami bantu?